Aplikasi ngaji.ai, Belajar Mengaji Mudah Dengan AI

Aplikasi ngaji.aiDalam era teknologi yang terus berkembang, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah menjadi salah satu solusi yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Di Indonesia, salah satu aplikasi yang menerapkan teknologi AI dalam pembelajaran mengaji adalah ngaji.ai. Aplikasi ini tidak hanya membawa inovasi dalam pembelajaran Alquran, tetapi juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi bagi para penggunanya.

Ngaji.ai muncul sebagai respons terhadap masalah nyata yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya terkait kemampuan membaca Alquran. Sutarto, salah seorang pendiri ngaji.ai, mencatat bahwa lebih dari 60% mahasiswa baru di sebuah kampus pada tahun 2021 tidak memiliki kemampuan mengaji. Ini menjadi pemicu untuk mengembangkan solusi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mengaji di Indonesia.

Keputusan untuk menghadirkan ngaji.ai berbasis AI didasarkan pada pemahaman bahwa pembelajaran mengaji seringkali membutuhkan pendampingan guru secara langsung atau tatap muka. Namun, dengan kehadiran teknologi AI, paradigma tersebut dapat berubah. Sutarto dan timnya percaya bahwa pembelajaran mengaji yang berkualitas dan akurat dapat tetap dipertahankan meskipun tanpa keberadaan guru secara fisik. Hal ini memberikan kemudahan kepada para pelajar untuk belajar di mana pun dan kapan pun mereka inginkan.

Melalui pengembangan aplikasi, ngaji.ai berharap dapat memberikan kemudahan akses kepada pengguna melalui perangkat gadget yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan gadget sebagai media pembelajaran juga dinilai dapat meningkatkan daya tarik dan fleksibilitas, karena pengguna dapat menyesuaikan waktu belajar sesuai kebutuhan mereka.

Ngaji.ai tidak bergerak sendiri dalam mengembangkan aplikasinya. Mereka menggandeng PT Novo Indonesia Belajar (Vokal.ai) sebagai mitra dalam membangun aplikasi belajar mengaji ini. Kolaborasi ini dianggap sebagai langkah yang strategis, karena Vokal.ai memiliki teknologi unik dalam Automatic Speech Recognition (ASR). Teknologi ASR ini memungkinkan pengguna aplikasi mendapatkan umpan balik yang akurat terhadap cara pengucapan dan pelafalan dengan cepat, seolah-olah sedang belajar dengan guru secara langsung.

READ  Perbandingan Vision Pro Apple dan Quest 3 Meta: Saingan Ketat di Dunia Headset Mixed Reality"

Martijn Enter, CEO Vokal.ai, menyampaikan antusiasmenya terkait kolaborasi ini. Menurutnya, teknologi ASR yang dikembangkan oleh Vokal.ai akan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam bagi pengguna ngaji.ai. Umpan balik yang akurat terhadap pengucapan dan pelafalan menjadi aspek penting dalam pembelajaran mengaji, dan Vokal.ai berkomitmen untuk memberikan kontribusi maksimal dalam hal ini.

Ngaji.ai bukan sekadar aplikasi belajar mengaji yang menyediakan materi dasar membaca Alquran. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur tambahan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadikan proses belajar mengaji lebih menarik. Fitur Leaderboard, Tadarus dengan audio, dan Latihan Membaca Doa hadir sebagai pelengkap untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan dan kompetitif.

Selain memberikan solusi untuk pembelajaran mengaji, ngaji.ai juga merupakan bagian dari upaya lebih besar untuk mengenalkan jenama-jenama asal Indonesia ke pasar internasional. Banyak jenama asal Indonesia yang mendukung ngaji.ai sebagai sponsor, seperti Federal Oil, Aspira, Antangin, MS Glow Men, Bold Riders, dan Riding Style. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) juga turut serta sebagai sponsor, menandai kolaborasi yang dimulai sejak tahun 2022 dan akan berlanjut hingga 2025.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan harapannya terkait kontribusi jenama Indonesia dalam livery motor Gresini Racing di MotoGP 2024, yang juga didukung oleh jenama “Wonderful Indonesia.” Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya mempromosikan jenama-jenama Indonesia di kancah internasional, tetapi juga mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Kolaborasi antara ngaji.ai dan Vokal.ai juga dapat dipandang sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mengembangkan potensi pariwisata Indonesia, khususnya dalam bidang wisata otomotif dan olahraga. Sandiaga Uno berharap bahwa tim Gresini Racing, yang diperkuat oleh pembalap-pembalap berbakat seperti Marc Marquez dan Alex Marquez, dapat meraih prestasi dan membanggakan Indonesia. Keberhasilan tim ini diharapkan dapat meningkatkan eksposur bagi jenama-jenama yang mendukung, sehingga Indonesia semakin dikenal di tingkat global.

READ  Akselerator Partikel Terkecil di Dunia, Terobosan Baru dalam Dunia Sains

Kolaborasi antara ngaji.ai dan Vokal.ai, serta dukungan terhadap tim Gresini Racing, tidak hanya membuka peluang bagi perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia, tetapi juga menjadi contoh bagaimana teknologi dapat mendukung berbagai sektor, termasuk pendidikan dan pariwisata, untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Inovasi dalam pembelajaran mengaji menggunakan teknologi AI menjadi langkah maju dalam menyediakan solusi pembelajaran yang inklusif dan dapat diakses oleh semua kalangan, di mana pun mereka berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *