Ramalan NTT Ltd, Teknologi yang Akan Booming di 2024

Ramalan NTT LtdDalam menghadapi tahun 2024, antusiasme terhadap perkembangan teknologi menciptakan ekspektasi yang tinggi. NTT Ltd, perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi global, telah meramalkan tujuh teknologi yang diprediksi akan mendominasi panggung dan menjadi sorotan utama pada tahun ini. Dari AI yang semakin inovatif hingga konsep Dark NOC yang otomatis, perkembangan ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, menggiring kita ke era teknologi yang semakin canggih dan berkelanjutan.

Tren-tren yang diprediksi oleh NTT Ltd mencakup aspek keberlanjutan, kemajuan dalam teknologi jaringan seperti jaringan kabel optik, hingga peningkatan penggunaan Internet of Things (IoT). Sebagai perusahaan dan industri bersiap untuk beradaptasi dengan era digital yang semakin berkembang, pemahaman mendalam terhadap teknologi-teknologi ini akan menjadi kunci keberhasilan dan daya saing di pasar global yang terus berubah.

1. Dark NOC: Otomatisasi Operasi Jaringan

Dengan kemajuan kecerdasan buatan untuk operasi TI (AIOps), konsep Network Operations Center (NOC) yang sepenuhnya otomatis tanpa intervensi manusia menjadi harapan ideal. Selama 12 bulan ke depan, perusahaan jaringan diperkirakan akan lebih mengintegrasikan AIOps ke dalam operasi mereka untuk meningkatkan kualitas jaringan, mendukung teknisi, dan memodernisasi infrastruktur.

Meskipun otomatisasi menjadi inti dari Dark NOC, peran manusia tetap menjadi kunci keberhasilannya. Namun, untuk mewujudkan konsep ini, penyedia jaringan perlu fokus pada peningkatan keterampilan manusia, memastikan persiapan teknologi seperti standardisasi API, dan optimalisasi pemrosesan data.

2. AI yang Lebih Inovatif

AI terus mengalami inovasi. Dengan teknologi ini, kapasitas rak data center dapat meningkat, memunculkan rak-rak server dengan kapasitas 50 hingga 100 kilowatt, atau bahkan lebih. Pertumbuhan ini membawa tantangan baru terkait konsumsi listrik dan manajemen panas. Pada tahun 2024, perkiraan adanya kolaborasi antara perusahaan dengan penyedia energi listrik untuk solusi yang lebih berkelanjutan.

READ  Misteri Mata Tertutup: Alasan Patung Hindu dan Buddha Yang Dibuat Dengan Mata Tertutup

3. Keberlanjutan Solusi Teknologi

Keberlanjutan akan memiliki dampak besar pada teknologi yang diuji, diinvestasikan, dan dikembangkan oleh tim TI. Dalam upaya menuju target net zero dan ramah lingkungan, teknologi baru seperti jaringan Private 5G akan semakin dimanfaatkan. Hal ini mendukung inisiatif lingkungan, termasuk mitigasi karbon dan ekonomi sirkular.

4. Jaringan Kabel Optik

Fokus pada efisiensi, keandalan, dan kesiapan jaringan di masa depan akan mendorong pertumbuhan jaringan kabel optik pada tahun 2024. Uji coba terbaru menunjukkan potensi tingkat transmisi 1,2 Tbps. Lebih dari 90 persen eksekutif senior di berbagai industri berharap untuk memodernisasi jaringan mereka, dan lebih dari 100 perusahaan telah bermitra untuk mengembangkan Jaringan Optik dan Nirkabel Inovatif (IOWN).

5. Ekosistem IoT

Kombinasi Internet of Things (IoT), Private 5G, dan edge computing akan memungkinkan perusahaan mendapatkan wawasan real-time dan membuat kebijakan yang lebih baik. Perusahaan terus mendigitalkan lingkungan fisik, dan kebutuhan akan konektivitas dan perangkat teknologi terus meningkat. Ini akan menjadi kunci penting karena perusahaan membutuhkan data untuk mendukung platform analitik berbasis kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML).

6. Keahlian Manusia dalam Menerapkan Sistem AI

Interaksi customer experience (CE) masih membutuhkan intervensi manusia. Meskipun banyak perusahaan berencana memasukkan AI ke dalam penyampaian customer experience (CX), keahlian manusia tetap menjadi faktor kunci keberhasilannya. Perusahaan akan memberikan penekanan lebih besar pada pengembangan keterampilan manusia untuk mengatasi kekurangan keahlian yang semakin meningkat seiring perkembangan AI.

7. Invisible Clouds Bergerak Lebih Dalam

Lingkungan cloud yang berfungsi dengan baik menjadi tidak terlihat, memungkinkan aplikasi berada di panggung utama. Manfaat dari cloud telah dirasakan di berbagai bidang, dan tren ini diperkirakan akan semakin meluas pada tahun 2024. Perusahaan di sektor transportasi dan pertahanan, misalnya, telah beralih ke infrastruktur cloud untuk mengoptimalkan pengeluaran dan mengurangi biaya.

READ  Sudan, Penantang Mesir sebagai Negara dengan Piramida Terbanyak

Pada tahun ini, keberlanjutan, kecerdasan buatan, dan Dark NOC dianggap sebagai pendorong utama perkembangan teknologi. Dengan terus berkembangnya tren ini, perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan teknologi terbaru untuk mencapai tujuan yang lebih berkelanjutan dan memenangkan persaingan di era digital ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *